Selasa, 17 Januari 2012

ASPEK KOMUNIKASI DALAM PERILAKU KONSUMEN

ASPEK KOMUNIKASI DALAM PERILAKU KONSUMEN”

Komunkiasi adalah transmisi pesan dari pengirim ke penerima dengan menggunakan suatu bentuk signal yang dikirim melalui suatu media tertentu. Dan komunikasi merupakan alat unik yang digunakan para pemasar untuk membujuk para konsumen agar bertindak menurut cara yang diinginkan. Komunikasi terdiri dari beberapa aspek diantaranya, dapat berbentuk verbal (baik tertulis maupun lisan), visual (ilustrasi, gambar, demontrasi produk, mimic muka) atau kombinasi keduanya. Komunikasi juga dapat merupakan simbol (harga yang tinggi, pengemasan yang bermutu tinggi, logo yang mengesankan) dan menyampaikan arti khusus yang ingin ditanamkan oleh pemasar.
KOMPONEN KOMUNIKASI
Terdapat lima unsur dasar dalam komunikasi, yaitu pengirim, penerima, medium, pesan, dan beberapa bentuk umpan balik (tanggapan penerima pesan).
Pengirim
Penerima
Media
Pesan 
Umpan Balik 

PROSES KOMUNIKASI 
Proses komunikasi ada dau titik yang sangat kritis sehingga titik-titik ini perlu dicermati. Titik yang pertama Encording. Encording adalah proses dimana pesan diubah menjadi signal yang dapat diterima audiens. Jadi,banyak hal yang berpengaruh dalam proses ini.
Dititik ini pun audiens akan mengartikan signal dalam hubungannya dengan apa yang sudah ada dalam memorinya yaitu segala sesuatu yang telah diterima dari lingkungan sebelumnya.
Bentuk-bentuk Komunikasi Pemasaran
Advertising atau periklanan
Public Relations atau kehumasan dan berbagai macam publikasi.
Rancangan kemasan produk dan logo perusahaan
Layanan personal dan penjualan personal

Tujuan Komunikasi Pemasaran atau Promosi
Setelah menerima suatu bentuk komunikasi pemasaran,ada beberapa kemungkinan yang akan terjadi pada audiens:
• Audiens bisa terpicu untuk menyadari kebutuhan akan katagori produk atau produk yang dikomunikasiakan.
• Audiens menyadari akan adanya merek yang dikomunikasikan.
•Audiens bisa bersikap positif terhadap merek atau produk yang dikomuniksiakan.
• Audiens bisa mempunyai maksud untuk membeli merek atau produk yang dikomuniksiakan.
• Audiens bisa menunjukan berbagai macam prilaku untuk membeli merk tersebut (seperti pergi ke toko, mencari merek tersebut di toko, atau bertanya kepada pramuniaga di toko)
Komunikasi Pemasaran Bersifat Impersonal
› Komunikasi Antar Pribadi
▪ Komunikasi Formal
▪ Komunikasi Informal
 ▪ Komunikasa massa (impersonal)
Hambatan Komunikasi 
Berbagai hambatan terhadap komunikasi dapat mempengaruhi ketepatan interpretasi pesan oleh konsumen. Hambatan ini meliputi:
§  Persepsi selektif, para konsumen cenderung mengabaikan iklan-iklan yang tidak mengandung kepentingan khusus atau tidak berkaitan dengan mereka.
§  Kegaduhan psikologis, misalnya pesan-pesan iklan yang bersaing, dapat mengganggu penerimaan suatu pesan.
UMPAN BALIK (TANGGAPAN PENERIMA PESAN) 
Pengirim pesan penting untuk memperoleh umpan balik sesegera dan seakurat mungkin, karena melalui umpan balik pengirim dapat menentukan apakah dan seberapa baik pesan telah diterima.
Riset Keefektifan Iklan
Para pemasang iklan sering berusaha mengukur keefektifan pesan dengan menyelenggarakan riset audien untuk mengetahui media apa yang dibaca, program-program televisi apa yang ditonton dan iklan-iklan apa yang diingat. Riset keefektifan iklan, yang disebut copy testing, dapat dilakukan sebelum iklan benar-benar dimuat (pretesting) atau setelah terbit (posttesting).
MERANCANG KOMUNIKASI YANG PERSUASIF
Untuk menciptakan komunikasi yang persuasif, sponsor (individu maupun organisasi) lebih dahulu menentukan tujuan komunikasi, kemudian memilih audien yang tepat untuk pesan yang disampaikan dan media untuk mencapai mereka serta menyusun (encode) pesan dengan cara yang tepat untuk setiap medium dan setiap audien.
Strategi Komunikasi 
Dalam menyusun strategi komunikasi terlebih dahulu harus menentukan tujuan komunikasi yang utama. Komponen strategi komunikasi yang penting adalah memilih audien yang tepat.
Strategi Media
Strategi media merupakan unsur penting dalam rencana komunikasi. Rencana ini diperlukan untuk penempatan iklan dalam berbagai media khusus yang dibaca, ditonton, atau didengar oleh berbagai pasar yang dipilih untuk dibidik. Pemilihan media tergantung pada produk, audien, dan tujuan kampanye iklan, strategi media dapat dilakukan melalui:
§  World Wide Web (melalui internet)
§  Penentuan target yang seksama
§  Pemasaran langsung
Strategi Pesan
Pesan merupakan pemikiran, gagasan, sikap, citra, atau informasi lain yang ingin disampaikan pengirim kepada audien yang diharapkan.
Komponen dalam strategi pesan meliputi:
§  Retorika dan Persuasi Iklan
§  Teori Keterlibatan
§  Penyajian Pesan

0 komentar:

Poskan Komentar