Kamis, 29 September 2011

Sekilas tentang universitas pasir pangaraian

Kampusku Asri
Universitas Pasir Pengarayan
Perubahan Polyteknik Pasir Pengarayan menjadi Universitas Pasir Pengarayan merupakan salah satu target pada tahun 2015 untuk menjadi salah satu World Class University (WCU). Mulai 1 Januari 209 Polyteknik berubah mengganti nama menjadi Universitas Pasir Pengarayan. Perubahan ini sesuai dengan visinya, diharapkan UPP menjadi perguruan tinggi berkelas internasional yang unggul di bidang infokom dan menjadi agen perubahan dalam membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan kompetitif. Langkah strategis dan sangat krusial untuk menjadi menjadi WCU ini dilakukan karena di pergaulan pendidikan internasional, nama institute atau universitas lebih dikenal ketimbang sekolah tinggi.
Latar belakang lain perubahan itu adalah pertumbuhan rata-rata 20% bisnis telekomunikasi di Indonesia setiap tahun. Pertumbuhan ini meliputi bisnis layanan komunikasi berbasis seluler, telepon tetep, internet, dan akses pita lebar. Dengan jumlah pertumbuhan sebesar itu, diperkirakan kebutuhan tenaga infokom pada tahun 2010 di Indonesia sebanyak 32.000 orang. Padahal jumlah lulusan PTN maupun PTS yang memiliki program studi terkait infokom baru sekitar 20.000 orang per tahun. Melihat kondisi dan peluang itu serta kemampuan internal dan kepercayaan pemerintah maupun masyarakat industry UPP bertekad meningkatkan perannya di masyarakat infokom melalui perubahan bentuk institusi yang memilikki kemampuan dan keunggulan lebih baik disbanding sebelumnya.
Info Fakultas di UPP
A. Fakultas Teknik
1. Program Studi S1 Teknik Telekomunikasi
2. Program Studi S1 Teknik Elektro
3. Program Studi S1 Teknik komputer
4. Program Studi D3 Teknik Telekomunikasi
5. Program Studi S2 Teknik Elektro-Telekomuikasi
B. Fakultas Ekonomi
1. Program Studi S1 Teknik Industri
2. Program Studi S1 Sistem Informasi
C. Fakultas Pertanian
1. Program Studi S1 Teknik Informatika
2. Program Studi D3 Teknik Informatika
3. Program Studi S2 Teknik Informatika
D. kebidanan
1. Program Studi S1 Teknik Fisika
2. Program Studi S1 Ilmu Komputasi
Kampus Sehat
Ketika teman-teman sudah menginjakkan kaki di kampus putih-biru ini, artinya teman-teman sudah berada di kawasan Kampus Sehat UPP. Kampus Sehat yang diusung oleh Badan Eksekutif Mahasiswa ini dijabarkan melalui 5 Konsep Kampus Sehat yang terdiri atas:
1. SEHAT ROHANI
2. SEHAT JASMANI
3. SEHAT INTELEKTUAL
4. SEHAT LINGKUNGAN
5. SEHAT SOSIAL
Tujuan dari Kampus Sehat  adalah:
1. Membangun kampus sebagai unsur kekuatan bangsa dan kekuatan perubah di tengah-tengah masyarakat.
2. Mengembangkan pemikiran dan opini yang ilmiah dan objektif dalam kehidupan social dan budaya menuju pembangunan bangsa.
3. Mengokohkan langkah perubahan yang sistemik yang sejalan dengan prinsip kebenaran.
4. Mengembangkan IPTEK yang tepat dan unggul guna mendukung kesejahteraan masyarakat dan kemajuan bangsa.
5. Mengembangkan wacana yang dapat mendorong persatuan untuk sama-sama melakukan perbaikan konstruktifsecara sinergis.
Terbentuknya hubungan timbal balik yang sinergis antara institusi dan mahasiswa, institusi dan masyarakat, serta mahasiswa dan masyarakat.
__________________________________________________________________

Transkrip Aktivitas kemahasiswaan (TAK)
Transkrip Aktivitas kemahasiswaan atau disingkat TAK adalah suatu parameter penilaian keaktifan mahasiswa dalam kegiatan non akademik. Bedasarkan berbagai masukan, baik dari perusahaan maupun penelitian, diketahui bahwa kegiatan-kegiatan non akademik merupakan wahana efektif pengemabngan softskill mahasiswa. TAK akan diberikan dalam bentuk transkrip yang akan mendampingi transkrip akademik pada saat mahasiswa lulus.
TAK memiliki fungsi yang sangat penting, diantaranya:
1. Sebagai syarat untuk mengikuti wisuda dengan ketentuan skor TAK setiap angkatan.
2. Sebagai syarat untuk mendapatkan beasiswa dimana TAK menjadi pertimbangan dalam seleksi beasiswa.
3. Sebagai nilai tambah dalam mmenghadapi kompetisi mencari pekerjaan.

Sesuai dengan procedure, administrasi TAK menggunakan system informasi berbasis web. Hal ini memungkinkan mahasiswa mendaftarkan nilai TAK masing-masing pada setiap akhir semester.upp.ac.id

0 komentar:

Posting Komentar